Penyuntikan Vaksin Corona Sinovac Mendahulukan Lansia?

  • Whatsapp
Vaksin Corona

Vaksinasi mulai di targetkan berdasarkan usia. Usia lanjut (lansia) yang rentan akan lebih didahulukan. Sebut saja Singapura, Inggris, dan Kanada yang memberikan vaksin covid-19 kepada lansia, selain kepada tenaga medis dan kesehatan. Dengan didahulukannya lansia kemungkinan besar karena sebagian penduduknya kelompok usia lanjut. Tetapi usaha mereka untuk mendahulukan lansia lebih bagus. Karena, para kelompok lansia lah yang lebih retan dan gampang tertular.

Diberitakan di Indonesia menyasar untuk rentang usia 18-59 tahun yang sedang menunggu perizinan darurat (Emergency Use Authorization) untuk vaksinasi vaksin Corona Sinovac. Wiku Adisasmito yang mana merupakan salah satu Juru Bicara Tugas Penanganan Covid-19, bahwa pemerintah sedang berusaha mengkaji seluk-beluk berbagai permasalahan proses teknis dalam vaksinasi, yang nantinya akan segera di berlakukan di Indonesia. “Pada prinsipnya, pemerintah  ingin memastikan bahwa vaksin Covid-19 tersedia bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik melalui skema subsidi maupunn mandiri,” jawab Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Info terkait vaksin masih dalam tahap pembahasan. Hal ini juga akan diinformasikan setelah keluar keputusan resmi dari pemerintah.

Dalam jumpa pers, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyampaikan, beberapa negara di dunia memang ada memprioritaskan suntik vaksin Corona kepada lansia. “Di beberapa negara ada juga vaksin COVID-19 banyak dipakai untuk usia lanjut (lansia). Karena mereka kan rentan mengalami komorbid (misal diabetes, penyakit jantung, hipertensi),” ujar Daeng di Kantor Sekretariat PB IDI, Jakarta, Senin (14/12/2020).

“Tapi syaratnya pada saat disuntik dalam kondisi stabil dan sehat. Kalaupun punya riwayat komorbid, ketiak divaksin ya harus sehat dan stabil. Bagi usia rentan malah baik dilakukan vaksinasi supaya tidak gampang terkena COVID-19 juga.” Di Indonesia, rentang sasaran vaksinasi COVID-19 usia 18-59 tahun. “Secara teknik nanti diatus khusus oleh Kementerian Kesehatan, siapa saja yang disuntik dan diutamakan. Kita menunggu aturan Kemenkes,” imbuh Daeng.

Sebagaimana dijelaskan dalam wawancara diatas, lansia sangat erat kaitannya dengan komorbid yang berupa penyakit bawaan ataupun penyakit lainnya yang menjadikan kelompok lanjut usia ini rentan terkena corona virus.

Salah satu perawat di New York, yang bernama Sandra Lindsay sebagai relawan pertama yang di AS dalam menerima suntikan vaksin Corona Pfizer pada Senin, 14 Desember 2020. Sandra ini merupakan seorang perawat ICU yang menjadikan dirinya sebagai pahlawan garda depan dalam menangani corona virus di AS. Sandra mengaku dalam penyuntikan vaksin corona ini diselimuti harap yang penuh, bahwa ini menjadi pertanda awal dan akhir waktu yang sangat menyakitkan di dalam sejarah.

Dilansir Reuters, Kanada telah memulai penyuntikan vaksin corona Pfizer secara massal sejak Senin (14/12) kemarin. Vaksin yang dikembangkan oleh bioteknologi Jerman, BioNTech SE dan Pfizer Inc, diberikan dalam dua dosis, dengan jarak tiga minggu. Kanada mengharapkan untuk menerima 30.000 dosis minggu ini dan total 249.000 pada akhir tahun. Lebih dari 60 persen dari 13.431 kematian akibat pandemi di Kanada secara keseluruhan terjadi di tempat tinggal lansia, turun dari 80% pada gelombang pertama. Untuk tahap gelombang keduanya, virus corona dinyatakan menyebar keseluruh Kanada, dan bisnis terus ditekankan. Akan tetapi, untuk pertemuan sosial masih dalam pembatasan. Kanada juga dilaporkan sejumlah 460.743 kasus positif covid-19.

Apa saja sih kelanjutannya? Bagaimana bisa terjadi seperti itu? Nah, jika kalian ingin mengetahuinya. Mari simak terus Halodoc dan juga kalian bisa mendownloadnya, yang tersedia di App Store dan Play Store.

Referensi :

  • Liputan6. Diakses pada 22 Oktober 2020. Aturan Teknis Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes
  • Liputan6. Diakses pada 16 Desember 2020. Target Suntik Vaksinasi Corona Sinovac 18-59 Tahun, Kapan Lansia Vaksinasi COVID-19?
  • Liputan6. Diakses pada 15 Desember 2020. Sandra, Perawat ICU Penerima Suntikan Vaksin Corona Pfizer di Amerika Serikat
  • Kumparan News. Diakses pada 16 Desember 2020. Foto: Penyuntikan Massal Vaksin Corona Pfizer di Kanada

Related posts