Kiat-kiat Memilih Headset Gaming Berkualitas

  • Whatsapp
Headset Gaming Berkualitas

Headset gaming adalah salah satu perangkat wajib yang digunakan para gamer untuk menunjang performa permainan. Makin baik fitur yang ada pada haedset gaming, makin baik pula hasil yang didapat.

Apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam membeli sebuah headphone gaming? Anda bisa simak selengkapnya melalui pembahasan berikut. Inilah 5 tips untuk membeli headphone gaming.

  1. Utamakan Membeli Headset Dengan Fitur Virtual Surround 7.1

Salah satu ekspektasi utama Anda membeli sebuah headphone gaming, biasanya adalah agar dapat mendengar suara langkah musuh di game FPS. Oleh karena itu, headphone gaming yang Anda beli wajib sudah mendukung virtual surround 7.1. Dengan memiliki fitur ini, bisa membuat seolah Anda memakai speaker surround 7.1.

  1. Pilih Mana Antara Over Ear dan On Ear?

Headphone secara garis besar ada dua jenis, over ear dan on ear. Apabila Anda non-mobile alias memakai PC atau PS4, maka pilihlah over ear dengan alasan untuk kenyamanan. Tapi jika mobile seperti menggunakan laptop atau PS Vita, pilhlan headset gaming on ear dengan alasan untuk ukuran yang mudah dibawa.

  1. Gaming Atau Audiophile saja?

Biasanya sebuah headphone, apalagi yang mahal. Ia akan memiliki embel-embel gaming atau audiophile. Kualitas suara gaming, pada umumnya tidak sebaik audiophile. Namun dalam kasus ini, Anda tetap baiknya memilih embel-embel gaming. Alasannya karena memiliki software yang mendukung kebutuhan gaming.

  1. Pastikan Telah Dilengkapi Fitur Noise Cancellation

Jika Anda paling suka bermain multiplayer secara online, rasanya ini sudah menjadi kewajiban. Yaitu pastikan headphone gaming yang Anda beli punya fitur Noise Cancellation. Dengan miliki fitur ini, akan membantu suara microphone Anda menjadi lebih jernih. Hingga Anda bisa berkoordinasi baik dengan rekan satu tim Anda.

  1. Bagaimana Dengan Fitur RGB LAMP?

Produk-produk gaming mahal rata-rata sudah mendukung fitur lampu RGB. Apabila Anda memakai perangkat yang rata-rata sudah RGB, tidak ada salahnya mengambil headphone yang sudah mendukung RGB pula. Namun jika Anda fokus dengan budget, abaikan saja fitur ini. Alasannya karena tidak ada hubungan dengan kualitas suara yang didapat.

  1. Kenali Sesifikasinya

Layaknya audio headset pada umumnya, headset gaming juga mempunyai spesifikasi tertentu. Spesifikasi headset tergantung dari kemampuan driver untuk mengubah sinyal elektrik menjadi semburan suara. Itu bisa Anda lihat dalam spesifikasinya yang diukur dalam beberapa hal pokok berikut:

– Range frekuensi: Kemampuan driver headset untuk menangkap frekuensi, baik rendah maupun tinggi. Umumnya, headset gaming memiliki range frekuensi 20Hz – 20.000HZ. Artinya, headset itu bisa menangkap suara rendah (bas) di kisaran frekuensi 20Hz dan suara tinggi (trebel) di 20 ribu Hertz. Untuk audio headset kelas atas, rata-rata mempunyai range 18 – 20.000Hz. Bahkan, ada yang memiliki range 16 – 20.000Hz, yang dibanderol dengan harga relatif mahal.

– Sensitivitas: Ini merupakan ukuran sensitivitas driver pada headset untuk mengenali sinyal elektronik yang berguna untuk menggetarkan membran di dalamnya. Biasanya, sensitivitas ini diukur berdasarkan ukuran desibel (dB). Semakin tinggi nilai desibel-nya, semakin sensitif headset.

– Impedansi: Pada mekanisme driver, terselip magnet yang dilengkapi resistor yang berfungsi untuk menghambat arus listrik mikro yang masuk ke dalamnya. Itu diukur menggunakan ukuran satuan Ohm. Makin rendah nilai Ohm, semakin besar arus listrik mikro yang mengalir ke magnet driver dan kemampuan volume headset pun makin kencang. Untuk headset gaming, rata-rata impedansinya berada di kisaran 32.

Related posts