Hindari Kerugian Dengan Mengenal Polis Asuransi

  • Whatsapp
Mengenal Polis Asuransi

Seperti yang kita semua ketahui bahwasanya asuransi mempunyai banyak istilah yang berbeda dari yang biasa kita dengar. Hal seperti ini pastinya akan membuat pemahaman yang salah dan dapat juga menimbulkan beragam asumsi yang kurang tepat. Salah satu istilah yang dikenal dan sering kita dengar adalah polis asuransi. Oleh karena itu, sangat penting mengenal apa itu polis asuransi lebih dalam. 

Umumnya kebanyakan masyarakat berpikir jika polis asuransi ini merupakan sejumlah dana yang akan dibayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulannya. Anggapan tersebut tentunya tidaklah tepat, sebab terdapat perbedaan arti yang sangat jauh antara premi asuransi dan polis asuransi.

Mengenal Apa Itu Polis Asuransi

Jadi lebih tepatnya polis asuransi ini adalah sebuah bukti perjanjian yang tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung) di mana isinya menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut. Polis asuransi tersebut yang kemudian akan menjadi bukti tertulis yang sah dalam perjanjian yang telah dilakukan oleh pihak penanggung dan pihak tertanggung.

Melalui adanya polis asuransi tersebut, kedua belah pihak yang melakukan perjanjian selanjutnya akan terikat dan mempunyai tanggung jawab masing-masing sebagaimana yang telah disepakati sejak awal. Polis asuransi adalah hal yang sangat penting di dalam layanan asuransi itu sendiri sebab polis akan melindungi setiap hak serta kewajiban nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Fungsi Polis Asuransi

Karena pentingnya polis asuransi maka sudah sewat apabila Anda mengenal apa itu polis asuransi secara keseluruhan dari semua isi polis asuransi. Hal ini sangat berguna agar Anda dapat terhindar dari sejumlah kerugian yang bisa terjadi di kemudian hari akibat kurangnya pemahaman Anda terhadap detail tertulis di dalam polis asuransi.

Untuk kedua pihak, antara tertanggung dan penanggung. Folis asuransi mempunyai fungsi masing-masing, seperti berikut ini yang akan diulas.

Fungsi Polis Asuransi bagi nasabah (Tertanggung)

  • Menjadi bukti tertulis di atas jaminan penanggulangan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang dapat terjadi pada tertanggung yang mana kerugian ini tertulis di dalam polis.
  • Sebagai bukti pembayaran premi di mana selanjutnya akan diserahkan kepada pihak perusahaan asuransi yang selaku penanggung
  • Dapat menjadi bukti yang sah untuk menuntut penanggung apabila sewaktu-waktu lalai atau tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggungannya.

Fungsi Polis Asuransi bagi pihak penanggung

  • Sebagai alat bukti ataupun menjadi tanda terima premi asuransi di mana dibayarkan oleh pihak tertanggung. 
  • Sebagai bukti tertulis atas jaminan yang telah diberikan kepada tertanggung untuk membayar ganti rugi yang mungkin diderita oleh pihak tertanggung.
  • Sebagai bukti yang paling sah untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim yang diajukan oleh pihak tertanggung apabila penyebab kerugian tersebut tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki.

Seluruh perusahaan asuransi pastinya mempunyai kebijakan masing-masing yang mereka terapkan di dalam produk asuransi yang mereka jual. Semua hal tersebut dapat Anda temukan di dalam polis asuransi yang mereka tawarkan. Hal seperti inilah yang sangat penting untuk Anda perhatikan secara baik-baik sejak awal karena ada banyak kasus yang terjadi di mana persengketaan yang terjadi disebabkan oleh pemahaman asuransi yang kurang tepat dari pengguna layanan asuransi.

Terakhir untuk memilih polos asuransi, maka Anda wajib mengenal apa itu polis asuransi serta mengetahui polis asuransi yang Anda butuhkan. Sebagai bahan pertimbangan pilihlah layanan asuransi yang kredibel dan dapat dipercaya. Sehingga Anda mendapatkan pelayanan terbaik dari perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Related posts